Kontestasi Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus di Lembaga Dakwah Kampus Universitas Brawijaya

Yopinovali Fherastama S, Titi Fitrianita, Arief Budi Nugroho

Abstract


LDK (Lembaga Dakwah Kampus) merupakan organisasi yang dibentuk secara formal di kampus yang berfungsi sebagai wadah bagi mahasiswa belajar nilai-nilai Islam sekaligus berorganisasi. Anggota mayoritas LDK adalah mahasiswa yang berafiliasi dengan Organisasi Ekstra Kampus (OMEK) atau memiliki latar kelompok agama yang berbeda. Kehadiran mahasiswa yang berasal dari berbagai kelompok Islam ini mewarnai aktivitas berorganisasi di LDK. Perbedaan latar belakang kelompok Islam tersebut menimbulkan persaingan di dalam LDK karena cara dan tafsiran agama yang mereka miliki berbeda sehingga menimbulkan upaya berebut pengaruh. Menggunakan kerangka analisis Piere Bourdieau tentang modal dan metode kualitatif deskriptif tulisan ini berupaya melacak kontestasi kelompok Islam di dalam LDK. Dari hasil penelitian diketahui bahwa perbedaan cara dan tafsiran agama mengantarkan masing-masing kelompok Islam menawarkan konsep Islam yang “paling benar‟ sehingga muncul persaingan dan berebut pengaruh di dalam LDK. Kelompok seperti KAMMI, HMI, IMM, PMII, NU, Muhammadiyah, HTI dan Salafi bersaing dan berebut menempati posisi strategis di LDK untuk menciptakan perilaku dan praktek keagamaan sesuai dengan ideologi beragama yang mereka miliki. Persaingan ini melibatkan 4 modal Pierre Bourdieau yaitu modal simbolik, modal budaya, modal sosial, dan modal ekonomi. Dalam persaingan tersebut KAMMI menjadi kelompok dominan karena berhasil mengakumulasikan modal sehingga menciptakan kekerasan simbolik terhadap kelompok lainnya. Dominasi ini kemudian mulai menimbulkan perlawanan dari kelompok Islam lainnya.


Full Text:

PDF

References


Abdurakhman. (2013). Gerakan Tarbiyah 1980-2010 : Respons Umat Islam Terhadap Gerakan Transnasional. Jakarta: Universitas Indonesia.

Asry, M. Y. (2012). Gerakan Dakwah Islam dalam Perspektif Kerukunan Umat Beragama. Jakarta: Puslitbang Kehidupan Jakarta.

Aunullah, I. (2006). Bahasa dan Kuasa Simbolik dalam Pandangan Pierre Bourdieu. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada, skripsi tidak diterbitkan.

Creswell. (2014). Research Design. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fashri, F. (2007). Penyingkapan Kuasa Simbol. Apropriasi Reflektif Pemikiran Pierre Bourdieu. Yogyakarta: Juxtapose.

Harker, R., Mahar, C., & Wilkes, C. (2009). (Habitus x Modal) + Ranah = Praktik. Pengantar Paling Komprehensif kepada Pemikiran Pierre Bourdieu. Yogyakarta: Jalasutra.

Iskandar, M., Azra, A., & Hisyam, M. (2015). Sejarah Kebudayaan Islam Indonesia Intitusi dan Gerakan. Jakarta: Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya.

Karnanta, K. Y. (2005). Sastra 'Mungkin': Kontestasi Simbolik Andrea Hirata dalam Arena Sastra Indonesia. Jurnal Poetika, Vol III No 2.

Miichi, K. (2003, November). Islamic Youth Movement in Indonesia. Research and Reports IIAS Newsletter, p. 22.

Rafiuddin. (2016). Peranan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Pada Perilaku Mahasiswa (Studi Kelompok Belajar Muslim Fakultas Teknik UNM). Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Rosyad, R. (1995). A Quest of True Islam : A Study of Islamic Resurgence Movement Among The Youth in Bandung, Indonesia. Melbourne: The Australian National University.

Shobron, S. (2014). Model Dakwah Hizbut Tahrir Indonesia. Studi Islam, 44-62.

Suyati, Huda, S., & Sumarto, W. (2011). Lembaga Dakwah Kampus Komunitas Eksklusif. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Wekke, I. S., Sitompul, A., & Afkari, R. (2016, Agustus 1(2)). INSANCITA: Journal of Islamic Studies in Indonesia and Southest Asia. Gerakan Himpunan Mahasiswa Islam dalam Pemikiran dan Dakwah di Indonesia, pp. 167-184.

Wijaya, W. K. (2009). Perkembangan Nunaa Islam Universitas Indonesia (SALAM UI) sebagai Gerakan Dakwah Kampus 1998-2003. Depok: FIB UI, skripsi tidak diterbitkan.

Yin, R. K. (2009). Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: Rajagrafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.