STIGMA TERHADAP SEORANG MAHASISWI PELANGGAR ATURAN DI AKADEMI KEBIDANAN TUNAS HARAPAN BANGSA PALEMBANG

mrs Mayani, Yoyok Hendarso, Abdullah Idi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui stigma yang diberikan kepada mahasiswa kebidanan RN karena melanggar aturan di AKBID Tunas Harapan Bangsa Palembang. (2) mendeskripsikan dan menganalisis penyebab terjadinya mahasiswi RN melakukan pelanggaran. Metode yang digunakan adalah deskriftif kualitatif melalui pendekatan analisis fenomenologi dengan teori Labeling Edwin M. Lemert. Data penelitian menggunakan data kualitatif, digali dari sumber data primer, melalui teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Informan terdiri dari informan kunci dan pendukung yang diambil dari lokus penelitian. Informan kunci adalah mahasiswi kebidanan yang melakukan pelanggaran aturan. Sedangkan informan pendukung adalah orang yang memberikan stigma dan informasi berkaitan dengan mahasiswa yang diberikan stigma setelah melakukan pelanggaran peraturan. Kesimpulan penelitian bahwa adanya stigma yang diberikan oleh lembaga terhadap seorang mahasiswi kebidanan pelaku pelanggaran aturan. Stigma tersebut berupa pengecapan sebagai mahasiswa “tidak bermoral”,“kurang ajar”,“liar”, “pembangkang”, dan “tukang gaduh”. Tindakan pelanggaran yang dilakukan oleh RN: (1) Pelanggaran terhadapan nilai kepribadian dan kesusilaan, (2) Pelanggaran terhadap nilai kedisiplinan. (3) Pelanggaran terhadap nilai ketertiban dan keamanan. Dari tindakan pelanggaran aturan tersebut disebabkan oleh (1) Keterpaksaan RN bersekolah di lokasi penelitian, (2) dorongan orang tua, (3) fungsi lembaga tidak mencerminkan pencapaian tujuan misi dan visi, (4) Penetapan hukuman bagi pelanggar tidak sesuai prosedur, (5) Lembaga mementingkan materi dan kepentingan pribadi.

Kata Kunci : Stigma, Pelanggar Aturan, Fenomenologi, Labeling, Lembaga.  


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdulsyani. 2000. Sosiologi Kebudayaan dan Masalah Sosial. Jakarta. Balai Pustaka.

Ali, Mohammad. 2014. Memahami Riset Perilaku dan Sosial. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Bungin, Burhan. 2001. Penelitian Kualitatif. Jakarta Metodelogi. PT. Raja.

Becker, S. Howard. 1988. Sosiologi Penyimpangan. Jakarta. CV. Rajawali.

Budirahayu, Tuti. 2009. Buku Ajar Sosiologi Perilaku Penyimpangan. Surabaya. PT. Revka Petra Medika.

Coulon, Alain. 2008. Etnometodelogi. Yogyakarta. Geta Press.

Creswell, John W. 2013. Research Design (Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, Third Edition). Diterjemahkan Achmad Fawaid. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Elbadiansyah, Umiarso. 2014. Interkasionisme Simbolik dari Era Klasik Hingga Modern. Jakarta. Rajawali Pers.

George, Ritzer. 2002. Sosiologi Ilmu Berparadigma Ganda. Jakarta. Rajawali Pers.

Giddens, Anthony. 1982. New Rules of Sociological Method: A Positive Critique of Interpretative Sociologies. Hutchinson.

Giddens, Anthony and Jonathan H. Turner. 1988. sosial Theory Today. Stanford California. Stanford University Press.

Horton & Hunt. 1993. Sosiologi Jilid 1 Edisi Keenam. Jakarta . Erlangga.

Huberman, M. Dan Milles, B.M. 1996. Analisis Data Kualitatif. Unversitas Indonesia. Jakarta Lilly, 2001 Produksi Budaya dan Menyajikan Tunan.

Hardiyanto, Sigit dkk. 2018. Remaja dan Perilaku Menyimpang. Jurnal Interaksi. Vol.2.No.1.

Jonaidi.2014. Analisis Sosiologis Terhadap Perilaku Menyimpang Siswa Pada SMA Pembangunan Kabupaten Malinau. eJournal Sosiatri Sosiologi. Hal.11-34.

Kartini, Kartono.2014. Patologi Sosial 2: Kenakalan Remaja. Jakarta. Rajawali Perss.

Lawang, M.Z. Robert. 1986. Buku Materi Pokok Sistem Sosial Indonesia. Universitas Terbuka. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Moleong Lexy.J. 2014. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung” PT. Remja Rosda Karya.

Monks, F.J.,Knoers, A.M.P.2006. Psikologi Perkembangan (S.R. Haditono, Ed). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mulyana, Dedy.2002. Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyono, Y Bambang. 1993. Pendekatan Analisis Kenakalan Remaja dan Penanggulangannya. Kanisius. Jakarta.

Nur, Rosyidah, Feryna dkk.2018. Perilaku Menyimpang (media sosial sebagai ruang baru dalam tindak pelecehan seksual remaja). Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi. Vol.2No.2. SosioGlobal.

Ritzer, George.2004. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prenada Media.

Sarwono, Sarlito W.2010. Psikologi Remaja. Jakarta. Rajawali.

Soekanto, Soerjono.2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Garfindo Persada.

Setiadi,Elly.2011. Pengantar Sosiologi: Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi dan Pemecahannya. Jakarta. Kencana.

Soekanto, Soerjono. 1988. Sosiologi Penyimpangan. Rajawali. Jakarta.

Soetomo.2013. Masalah Sosial dan Upaya Pemecahannya. Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Soetomo, 1995. Masalah Sosial dan Pembangunan. Jakarta. PT. Dunia Pustaka Jaya.

Santoso, Topo. 2005. Kriminologi. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Santoso, Slamet. 2010. Teori-teori Psikologi Sosial. PT. Refika Aditama.

Slameto. 2003. Lingkungan Sekolah dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka.

Salim, Agus. 2005. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Tiara Wacana, Semarang.

Vike, Vive Mantiri. 2014. Perilaku Menyimpang di Kalangan Remaja di Kelurahan Pondang Kecamatan Amurang Timut Kabupaten Minahasa Selatan. Journal Vol.III. No.1.

Pettanasse, Syarifuddin. Mengenal Kriminologi. Palembang: Penerbit Unsri

Ponger.1970. Pengantar Tentang Kriminologi. Universitas Indonesia.

Wines, F. Howard. 1838. Punishment and Reformation. New York.

Wirawan, I.B.2012. Teori-Teori Sosial dalam Tiga Paradigma Ganda (Fakta Sosial, Definisi Sosial, dan Perilaku Sosial. Jakarta: Kecana Prenada Media Group.

Wulansari, Dewi. 2009. Sosiologi Konsep dan Teori. Bandung. Refika Aditama.

Yuliartini, Ni Putu Rai dkk. 2017. Penanggulangan Balap Lair Melalui Diseminasi Undang-Undang No 22 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Kalangan Remaja Kota Singaraja. Jurnal Widya Laksana. Vol..6.No.2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.